Senin, 05 April 2010

Origami



Origami ( 折り紙 ? , dari ori berarti "melipat", dan Kami yang berarti "kertas") adalah tradisional Jepang seni rakyat dari melipat kertas , yang dimulai pada abad ke-17 Masehi dan dipopulerkan pada pertengahan 1900-an. It has since then evolved into a modern art form. Sejak itu kemudian berkembang menjadi bentuk seni modern. The goal of this art is to transform a flat sheet of material into a finished sculpture through folding and sculpting techniques, and as such the use of cuts or glue are not considered to be origami. Tujuan seni ini adalah untuk mengubah lembaran datar bahan menjadi patung selesai melalui lipat dan teknik mematung, dan dengan demikian penggunaan lem luka atau tidak dianggap origami.
The number of basic origami folds is small, but they can be combined in a variety of ways to make intricate designs. Jumlah dasar lipatan origami kecil, namun mereka dapat dikombinasikan dalam berbagai cara untuk membuat desain yang rumit. The most well known origami model is probably the Japanese paper crane . Model origami yang dikenal paling baik mungkin adalah Jepang crane kertas . In general, these designs begin with a square sheet of paper whose sides may be different colors or prints. Secara umum, desain ini dimulai dengan persegi lembaran kertas yang sisi mungkin berbeda warna atau mencetak. Contrary to popular belief, traditional Japanese origami, which has been practiced since the Edo era (1603–1867), has often been less strict about these conventions, sometimes cutting the paper or using nonsquare shapes to start with. Bertentangan dengan kepercayaan populer, origami tradisional Jepang, yang telah dipraktekkan sejak zaman Edo (1603-1867), telah sering kurang ketat tentang konvensi ini, kadang-kadang memotong kertas atau menggunakan nonsquare bentuk untuk memulai dengan.

Sejarah

Ada banyak spekulasi mengenai asal origami. Sementara Jepang tampaknya telah memiliki tradisi paling luas, ada bukti dari tradisi paperfolding independen di Cina , Jerman dan Spanyol, antara tempat lain. However because paper decomposes rapidly, there is very little direct evidence of its age or origins, aside from references in published material. Namun karena kertas terurai cepat, ada bukti langsung sangat sedikit usia atau asal-usul, selain dari referensi dalam materi yang dipublikasikan.
Ada juga bukti potong dan kotak kertas dilipat dari 1440. [1] Hal ini paperfolding kemungkinan di barat berasal dari Moor jauh lebih awal [1] , tidak diketahui apakah itu secara terpisah ditemukan atau pengetahuan origami datang sepanjang sutra rute.
Di Jepang, jelas referensi awal untuk model kertas adalah sebuah puisi pendek dengan Ihara Saikaku pada tahun 1680 yang menggambarkan kupu-kupu kertas dalam mimpi. [2] Origami kupu-kupu yang digunakan dalam perayaan pernikahan Shinto untuk mewakili pengantin, sehingga paperfolding sudah menjadi aspek penting dari upacara Jepang oleh periode Heian (794-1185) sejarah Jepang, cukup bahwa acuan dalam puisi ini akan diakui. Samurai prajurit akan bertukar hadiah dihiasi dengan noshi , semacam keberuntungan token terbuat dari strip melipat kertas.
Akira Yoshizawa khususnya bertanggung jawab atas beberapa inovasi, seperti basah-lipat dan Randlett Yoshizawa-diagram sistem, dan karyanya mengilhami kebangkitan dari bentuk seni. [3] Selama tahun 1980-an beberapa folder sistematis mulai mempelajari sifat matematika bentuk dilipat, yang menyebabkan peningkatan stabil dalam kompleksitas model origami, yang dilanjutkan dengan baik dalam tahun 1990-an, setelah beberapa desainer mulai kembali ke bentuk yang lebih sederhana.

Jenis Origami

origami Aksi

Origami tidak hanya mencakup yang masih hidup, ada juga benda bergerak; Origami dapat bergerak dengan cara cerdas. origami Aksi termasuk origami yang terbang, membutuhkan inflasi untuk menyelesaikan, atau, bila lengkap, menggunakan energi kinetik dari tangan seseorang yang, diterapkan pada daerah tertentu pada model, untuk memindahkan flap atau anggota tubuh lain. Beberapa berpendapat bahwa, berbicara secara ketat, hanya yang terakhir ini benar-benar "diakui" sebagai tindakan origami. Aksi origami, pertama muncul dengan burung mengepakkan tradisional Jepang, adalah sangat umum. Salah satu contohnya adalah Robert Lang instrumentalis s '; ketika tokoh' kepala adalah menarik diri dari tubuh mereka, tangan mereka akan bergerak, mirip dengan bermain musik.

origami Modular

origami Modular terdiri dari menempatkan sejumlah potongan identik bersama untuk membentuk sebuah model yang lengkap. Normally the individual pieces are simple but the final assembly may be tricky. Biasanya potongan individu yang sederhana namun perakitan akhir mungkin sulit. Many of the modular origami models are decorative balls like kusudama , the technique differs though in that kusudama allows the pieces to be put together using thread or glue. Banyak model origami modular adalah bola dekoratif seperti Kusudama , teknik ini berbeda meskipun dalam Kusudama memungkinkan potongan harus disatukan dengan menggunakan benang atau lem.
lipat kertas Cina termasuk gaya yang disebut 3D origami di mana sejumlah besar potongan-potongan yang disatukan untuk membuat model yang rumit. uang kertas Kadang-kadang digunakan untuk modul. Gaya ini berasal dari beberapa pengungsi Cina sementara mereka ditahan di Amerika dan juga disebut Golden Venture lipat dari kapal mereka datang.

basah-lipat

Basah-lipat adalah teknik origami untuk memproduksi model dengan kurva lembut daripada lipatan lurus geometris dan permukaan datar. Makalah ini dibasahi sehingga dapat dicetak dengan mudah, model terakhir terus bentuknya saat mengering. Hal ini dapat digunakan misalnya untuk menghasilkan model hewan yang sangat alami terlihat.

origami Pureland

origami origami Pureland adalah dengan pembatasan bahwa hanya satu kawanan dapat dilakukan pada satu waktu, lipatan lebih kompleks seperti lipatan terbalik tidak diperbolehkan, dan semua lipatan memiliki lokasi langsung. Ini dikembangkan oleh John Smith pada 1970-an untuk membantu folder tidak berpengalaman atau yang memiliki keterampilan motorik terbatas. Beberapa desainer juga menyukai tantangan untuk menciptakan model yang baik dalam batasan yang sangat ketat.

Origami Tessellations

origami Teknis Ini cabang dari origami adalah salah satu yang telah berkembang dalam popularitas baru-baru ini, tetapi memiliki sejarah panjang. Tessellations mengacu pada ubin dari bidang mana koleksi dari 2 angka dimensi mengisi pesawat tanpa kesenjangan atau tumpang tindih. tessellations Origami adalah tessellations terbuat dari bahan datar, kertas yang paling sering, tetapi bisa dari apa pun yang memegang lipatan. Sejarah costuming termasuk tessellations dilakukan dalam kain yang dicatat sejauh Kuburan Mesir.
Fujimoto adalah seorang master awal origami Jepang yang menerbitkan buku-buku yang mencakup tessellations origami dan pada 1960-an ada eksplorasi besar tessellations oleh Ron Resch. Chris Palmer adalah seniman yang luas dieksplorasi tessellations dan telah menemukan cara untuk membuat origami tessellations rinci dari sutra. Robert Lang dan Alex Bateman adalah dua desainer yang menggunakan program komputer untuk desain tessellations origami. Buku Amerika pertama pada tessellations origami hanya diterbitkan oleh Eric Gjerde dan lapangan telah berkembang dengan cepat. Ada banyak seniman tessellation origami termasuk Chris Palmer (AS), Eric Gjerde (AS), Polly Verity (Skotlandia), Joel Cooper (AS), Christine Edison (AS), Ray Schamp (AS), Roberto Gretter (Italia), Goran Konjevod (AS), dan Christiane Bettens (Swiss) yang memamerkan karya yang baik geometrik dan representasional.

origami Teknis

origami Teknis, juga dikenal sebagai origami 折り紙 sekkei 設計 ( ? ), adalah bidang origami yang telah dikembangkan hampir di tangan-tangan dengan origami bidang matematika. Pada hari-hari awal origami, pengembangan desain-desain baru sebagian besar adalah campuran dari trial-error dan-, keberuntungan dan kebetulan. Dengan kemajuan dalam matematika origami Namun, struktur dasar dari sebuah model origami baru dapat secara teoritis diplot di atas kertas sebelum melipat bahkan sebenarnya terjadi. Metode desain origami dikembangkan oleh Robert Lang , Meguro Toshiyuki dan lain-lain, dan memungkinkan penciptaan model ramping multi-sangat kompleks seperti kelabang berkaki banyak, sosok manusia dengan lengkap jari tangan dan kaki, dan sejenisnya.

1 komentar:

Pengunjung